Mengenai Saya

Foto saya
Hey I'm Agnes, Tarakanita Collage (STIKS Tarakanita). follow my twitter: @agnesdiansa http://twitter.com/#!/agnesdiansa add my Yahoo Messenger: agnesdiansa@yahoo.com add my facebook: https://www.facebook.com/agnesdiansa follow my polyvore: agnesdiansa.polyvore.com follow my tumblr: http://www.tumblr.com/blog/agnesdiansa thanks :)

Senin, 26 Desember 2011

Tips menggunakan dan merawat baterai



Penggunaan dan perawatan baterai dapat mempengaruhi umur baterai.
Berikut ini adalah cara-cara menggunakan dan merawat baterai supaya awet:

1. Untuk baterai yang sudah berisi (fully charge) dari pabrik, bisa  langsung digunakan, dan bisa di charge jika sudah < 20%.  Untuk baterai yang masih kosong ( < 20% ), perlu di charge dulu  sebelum digunakan.  Baca petunjuk cara melakukan charge baterai Anda.   

2. Baterai baru memerlukan 2-4 kali siklus charge untuk dapat mencapai  kapasitas optimalnya.  Kadang-kadang terjadi proses charge berhenti padahal baterai baru  belum sepenuhnya terisi. Jika hal ini terjadi, lepaskan baterai  dari notebook, dan pasang kembali. Mungkin hal ini akan terjadi  beberapa kali untuk baterai baru. Ini adalah hal yang normal.   

3. Untuk memperpanjang umur baterai:  - lepaskan baterai jika sudah habis dan belum sempat di charge  - charge hanya jika kapasitas sudah di bawah 40%  - setiap kali charge usahakan sampai full (100%)  - jangan membiarkan baterai dalam kondisi charge terus menerus,  segera hentikan charge jika sudah full   

4. Jika baterai tidak digunakan dalam jangka waktu lama (sebulan atau  lebih), lepaskan baterai dari notebook dan simpan di tempat yang  bersih, kering, dan sejuk.

5. Jangan menempelkan logam pada elemen kaki baterai, karena bisa  menyebabkan hubungan pendek yang merusak baterai.

6. Jangan menjatuhkan, memukul atau menyebabkan benturan pada baterai.  Hal ini bisa menyebabkan bagian dalam baterai longgar dan rusak.   

7. Jangan terkena cairan atau terkena hujan.

8. Jangan membiarkan aliran listrik terus menerus jika baterai masih  terpasang di notebook. Hal ini menyebabkan baterai terisi penuh  terus menerus. Sebaiknya gunakan baterai setidaknya dua minggu  sekali sampai habis.   

9. Melakukan charge baterai lebih efisien pada suhu yang sejuk.  Idealnya pada suhu 10°C-30°C.

10. Pada saat di charge, baterai bisa menjadi panas. Sebaiknya tidak   langsung menggunakan baterai yang baru saja di charge.  Diamkan baterai beberapa saat terlebih dahulu.

11. Lakukan charge baterai di tempat terbuka.

12. Jangan meletakkan baterai di tempat yang panas sekali. Tidak  disarankan untuk meletakkan baterai di dalam mobil yang di parkir  di bawah terik matahari.   

13. Jangan membuang baterai bekas di sembarang tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar