Tata cara penanganan telepon masuk dan telepon keluar
Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan).
Komunikasi melalui telepon lebih sulit daripada berhadapan
langsung. Oleh karena itu, teknik menelepon yang baik sangat berpengaruh dalam
menciptakan citra perusahaan yang positif Terutama bagi Operator, Receptionis,
Sekretaris, Customer service officer, administrative profesional yang merupakan
"pintu gerbang" penerima telepon.
Dengan begitu, penerima telepon harus bisa mengatur arus
keluar masuknya tamu pimpinan. Dengan wewenangnya, harus bisa memanajemen
dengan baik pertemuan klien dengan pimpinan . bahkan dengan wewenangnya juga, bisa
menolak tamu yang dianggap tidak layak atau sebaiknya tidak bertemu dengan
pimpinan
Sebuah perusahaan tentu tidak akan gegabah menempatkan
karyawan pada posisi sebagai operator telepon di perusahaannya. Teknik
menelepon yang baik sangat berpengaruh dalam menciptakan citra perusahaan yang
positif. Bahkan tidak jarang, bisnis besar bisa hilang hanya karena staf
perusahaan Anda tidak menerima telepon dengan baik.
Untuk itu, keterampilan dan kemampuan menelepon yang baik perlu dimiliki oleh semua karyawan di sebuah perusahaan, terutama operator, receptionis, sekretaris dan customer service officer sebagai "pintu gerbang" penerima telepon.
Segala bentuk tata cara, keterampilan menelepon yang baik hingga etiket yang benar, untuk menghindari keluhan dari tamu dan relasi perusahaan Anda, menjadi keharusan. Sebab, nama perusahaan Anda dipertaruhkan di situ sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada relasi atau pun klien.
Seorang penerima telepon, tidak hanya membutuhkan suara yang lembut, tetapi juga unsur kesopanan dan beretika saat menerima telepon yang 'memberatkan' sekalipun. Tidak salah, kalau dikatakan jabatan sebagai operator atau pun recepsionist adalah jabatan yang harus diduduki orang-orang terpilih nan profesional.
Sifat yang harus dimiliki penerima telepon dan penelpon
•Tata cara penanganan telepon yang baik dan benar
•Memiliki kepribadian dan etiket yang baik
•Dapat mengatur arus keluar dan masuknya tamu pimpinan
•Menciptakan citra perusahaan yang positif
Telepon Masuk
Untuk itu, keterampilan dan kemampuan menelepon yang baik perlu dimiliki oleh semua karyawan di sebuah perusahaan, terutama operator, receptionis, sekretaris dan customer service officer sebagai "pintu gerbang" penerima telepon.
Segala bentuk tata cara, keterampilan menelepon yang baik hingga etiket yang benar, untuk menghindari keluhan dari tamu dan relasi perusahaan Anda, menjadi keharusan. Sebab, nama perusahaan Anda dipertaruhkan di situ sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada relasi atau pun klien.
Seorang penerima telepon, tidak hanya membutuhkan suara yang lembut, tetapi juga unsur kesopanan dan beretika saat menerima telepon yang 'memberatkan' sekalipun. Tidak salah, kalau dikatakan jabatan sebagai operator atau pun recepsionist adalah jabatan yang harus diduduki orang-orang terpilih nan profesional.
Sifat yang harus dimiliki penerima telepon dan penelpon
•Tata cara penanganan telepon yang baik dan benar
•Memiliki kepribadian dan etiket yang baik
•Dapat mengatur arus keluar dan masuknya tamu pimpinan
•Menciptakan citra perusahaan yang positif
Telepon Masuk
•Teknik mengangkat
telepon
•Menyiapkan buku
catatan
•Memberi salam kepada
penelpon
•Membuka pembicaraan
•Menciptakan kesan yang
baik
•Mencatat pesan
•Salam penutup
Telepon Keluar
•Sebelum menelpon
•Saat menelpon
•Mengakhiri pembicaraan
•Meletakan gagang
telepon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar